Manhaj Tarjih Muhammadiyah
 

 

 
 

 

Teknologi di Rumah

Sebuah laporan dari Economist Intelligence Unit, seperti dikutip harian Kompas, telah meneliti tingkat kesiapan penggunaan teknologi internet di 60 negara, dan meletakkan Indonesia di urutan ke-50, dengan nilai tiga, yang artinya sangat buruk dilihat dari rata-rata perbandingan peringkat lingkungan e-bussiness dengan peringkat konektivitas komunikasinya.

Laporan tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar masyarakat kita masih gagap teknologi. Padahal, bila kita mengetahui manfaatnya, keberadaan alat telekomunikasi ini sangat meringankan tugas-tugas kerumahtanggaan.

Telepon

Persiapan kepanitiaan Maulid Nabi yang diadakan majelis ta'lim ibu akan menjadi sangat terbantu dengan fasilitas telepon antar pengurus. Hal-hal penting dalam organisasi pun bisa diselesaikan lewat telepon, tanpa harus mengeluarkan tenaga dan waktu untuk saling bertemu.Akses ibu untuk berbelanja, pesan nomor dokter, mencari alamat seseorang, hingga mencari barang apa saja yang ibu butuhkan tinggal membuka buku telepon yang memiliki ribuan data nomor telepon yang bisa dipilih. Bahkan membeli komputer, mobil hingga rumah pun bisa cukup dilakukan lewat telepon! Menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah dan guru demi kemajuan putra-putri ibu pun menjadi lebih mudah.

Komputer

Alat yang satu ini bukan hanya berguna untuk mahasiswa maupun pegawai kantor. Bagi keperluan rumah tangga pun bisa bermanfaat. Kemudahan-kemudahan dalam metoda penyusunan table-tabel hitung, dapat membantu tugas ibu dalam menyusun pola keuangan bulanan. Daftar belanja pun bisa dibuat sedetil mungkin cukup sekali saja, dan bisa ibu pergunakan dengan sedikit pembenahan setiap bulannya, selama bertahun-tahun! Dengan komputer, ibu bisa membuat sekreatif mungkin model kartu undangan untuk ultah putra ibu. Beragam gambar pun bisa dibuat untuk hiasan ruang tidur anak-anak.

Belajar menggunakan komputer pun menjadi nyaman bagi ibu, karena tak harus banyak keluar rumah. Sekarang telah banyak tersedia disket dan CD-rom pelajaran-pelajaran Al Qur'an, hadis, sirah, bahasa Arab maupun Inggris yang bisa dipelajari sendiri. Dan ada pula begitu banyak CD-rom tentang beragam mata pelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah anak. Tentu saja ini sangat berguna untuk merangsang minat belajar anak. CD-rom tentang satwa dan berbagai pengetahuan umum lainnya pun bisa menjadi alternatif pengayaan bagi anak. Bahkan untuk keperluan anak pra TK pun tersedia materi pendidikan yang menarik.

Internet

Berita terbaru yang dihadirkan internet seringkali lebih cepat sampai dari pada berita tertulis di koran yang baru akan dapat terbaca di pagi hari. Selain itu, pada beragam situs yang ada di sini, ibu bisa memilih ragam informasi apa yang ibu inginkan, karena hampir semua bidang kehidupan manusia tersedia informasinya di sini. Tips-tips memasak, resep-resep istimewa, cara mendidik anak, barang-barang produksi terbaru, hingga tempat wisata bisa dicari di sini. Dengan memanfaatkan internet, ibarat ibu telah memiliki perpustakaan dengan puluhan buku di dalamnya! Dan ibu bisa belajar sepuluh kali lebih efektif dari pada belajar melalui cara konvensional biasa.

Berkomunikasi dengan teman lewat e-mail pun tak butuh waktu lebih dari lima menit, walau terpisah jarak ratusan ribu kilometer sekalipun. Ibu bisa saling bertukar informasi dengan ratusan pengguna internet lain. Berbicara dalam satu forum pun bisa dilakukan, melalui fasilitas chatting. Jadi, ibupun bisa rapat melalui internet.

 
 

kembali ke KEDEPAN atau HOME

 

 

copyright©Tarjih Muhammadiyah 2001

designed by shodikin ms & istri Purbalingga